UdARtikel #3 Bahas Manuver Anies dan Bib Luthfi


Contradixie, Berita – UdARtikel #3 CONTRADIXIE membahas manuver Anies Baswedan dan Habib Luthfi dalam konteks politik di Indonesia. UdARtikel yang akan digelar pada Senin (9/9) ini mendiskusikan artikel Ismail Fajrie Alatas dan Martin Slama yang berjudul “Rethinking Diasporic Returns Ḥaḍramī Trajectories in Indonesia’s Religio-political Field.”

Dalam artikel tersebut, Alatas dan Selama berupaya mengkaji ulang istilah “Diasporic Returns” yang selama ini dipahami sebagai “kembali ke kampung halaman”. Mereka berpendapat, “Diasporic Returns” bisa digunakan dalam konteks “kembali ke komunitasnya” tanpa harus pulang ke kampung halaman tempat kakek buyutnya berasal. 

Dalam konteks Anies dan Luthfi—berdasarkan wawancara dengan narasumber, Muchamad Mufid—mereka mengatakan bahwa dua tokoh tersebut telah kembali ke kelompok Hadrami di Indonesia. Secara keluarga, keduanya termasuk Hadrami, tapi Anies dan Luthfi tidak mengafiliasikan dirinya ke Hadrami. 

Belakangan, keduanya mendekat dan “kembali” ke Hadrami. “Proses kembali ini yang menjadi fokus dari risetnya Alatas dan Selama dan begitulah mereka mendefinisikan ‘Diasporic Returns’,” ungkap Mufid. 

Artinya, “returns” dalam artikelnya Alatas dan Slama merujuk pada “kembali ke komunitas”, bukan “kembali ke tanah kakek buyut” yang dalam proses “kembali” ini tersembul beberapa kepentingan. Kepentingan apakah ini dan bagaimana hubungannya dengan konteks politik dan keagamaan di Indonesia? Monggo bisa hadir di udArtikel #3 yang digelar pada Senin, 9 September 2024, pukul 19.30 – 20.30 melalui tautan ini. Adapun untuk artikelnya bisa diunduh di sini


Comments

Popular Posts